Mar 25, 2013

Apa yang Menentukan Potensi Tenaga Sebuah Engine?

(dari post facebook K3 by om Sugi - http://www.facebook.com/groups/125257697570856/permalink/417785951651361/ )

salah satu hal pertama yang akan muncul dalam pikiran adalah ukuran mesin. Setelah semua. Untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu memahami lebih lanjut tentang bagaimana mesin menghasilkan tenaga di tempat pertama. Semua kekuatan berasal dari bahan bakar. Makin banyak campuran bahan bakar yang terbakar akan menghasilkan banyak lebih banyak tenaga tentunya. Tapi untuk membakar bahan bakar, atau apa pun, kita membutuhkan oksigen yang lebih banyak, setidaknya langsung dari udara. Untuk membakar bensin secara efisien dalam mesin perlu dicampur dengan sekitar 14 kali beratnya sendiri udara. Untuk daya yang terbaik sekitar 12,6 kali udara banyak dan untuk kondisi jelajah dan ekonomi yang baik sekitar 15 kali lipat. Sebuah galon bensin (Inggris galon) beratnya sekitar 7,5 pound - sehingga setiap galon kebutuhan bahan bakar sekitar 100 pon udara. Udara beratnya hanya lebih dari 2 pound per meter kubik sehingga diterjemahkan ke dalam sekitar 50 meter kubik udara per galon bahan bakar. Untuk memasukkannya ke dalam perspektif, itu tentang volume yang sama udara seperti dalam sebuah ruangan 12 meter dengan 14 meter.

Jadi masalah potensi kekuatan menjadi salah satu pengolahan sebagai udara sebanyak mungkin per menit. Bahan bakar ini tidak menjadi masalah - kita dapat menyemprotkan di sebanyak atau sedikit yang kita butuhkan hanya dengan kalibrasi karburator atau sistem injeksi bahan bakar. Jadi apa yang membatasi jumlah udara mesin? Nah batas akhir berasal dari kemampuan aliran kepala silinder. Bahkan mesin kecil berpotensi dapat memompa banyak udara jika berputar cukup cepat. Kemampuan aliran kepala silinder pada gilirannya ditentukan oleh ukuran dan jumlah katup karena ini adalah apa yang membuat pembatasan terbesar mengalir. Katup inlet adalah hal penting di sini karena untuk memungkinkan udara melalui mereka adalah hanya dari kekuatan tekanan atmosfer. Katup buang memiliki piston bertindak sebagai pompa langsung sehingga mereka menciptakan kurang dari masalah. Jadi kita bisa merangkum semua ini dalam aturan berikut:

Faktor terbesar yang menentukan potensi kekuatan utama sebuah mesin adalah area katup inlet Total

Begitu juga ukuran mesin memainkan peran sedikit saja di sini? Nah sampai batasan tertentu memang iya. karena semakin besar kita membuat mesin maka area katup harus kita buat ke dalamnya Tapi itu bukan ukuran mesin sendiri yang menghasilkan daya. Ada cara lain untuk mendapatkan area katup lebih ke kapasitas mesin yang diberikan. Kita dapat menggunakan 4 katup per silinder bukan hanya 2 - yang membuat lebih baik menggunakan area menanggung tersedia karena sedikit ruang yang terbuang di celah antara katup. Kita juga dapat membangun mesin dengan silinder yang lebih yang juga mengarah ke daerah piston lebih dan area katup karena itu lebih potensial. Hal terakhir yang dapat kita lakukan adalah untuk mengubah rasio bore / stroke. Semakin besar bore dan stroke lebih kecil, semakin besar area melahirkan untuk kapasitas tertentu. Ada batas tentu saja seberapa jauh kita dapat mengambil semua hal ini. Mesin telah dibangun dengan lebih dari 4 katup per silinder tapi akan semakin rumit untuk merancang mekanisme camshaft. Silinder lebih mesin, semakin besar dan berat itu akan dan juga gesekan meningkatkan kerugian. Jika lubang ini dibuat jauh terlalu besar dibandingkan dengan stroke, maka piston tidak berjalan jauh dan “ pembukaan katup terjadi saat yang tidak pas” - juga bentuk ruang pembakaran akan lebih jauh dari desain yang kompak ideal dan berakhir lebar dan datar yang tidak membakar campuran bahan bakar secara efisien.

sebelah kiri adalah cylinderhead yang sudah di modifikasi pengecilan ruang bakar untuk meningkatkan kompresi & tentunya pembesaran katup masuk & buangnya untuk meningkatkan efisiensi volumetrik.

Jadi seperti yang lainnya, hal ini semua kompromi. Jalan mesin cenderung memiliki stroke lebih lama dan lebih sedikit silinder. Mesin balap memiliki lubang yang lebih besar, stroke lebih pendek dan silinder lebih. Tetapi pada akar dari setiap desain mesin, itu adalah katup inlet daerah total yang menentukan potensi kekuatan. Semakin kecil mesin, semakin cepat perlu untuk rev untuk memanfaatkan bahwa aliran udara potensial tapi selain itu, ukuran mesin tidak benar-benar membuat terlalu banyak perbedaan dengan kemampuan daya.

No comments: